BPOM: Vaksin Meningitis Calhaj Indonesia Sama dengan Negara Lain (Sama-sama menggunakan enzim BABI)

Jakarta, 11/6 (Pinmas)– Vaksin meningitis yang dipakai calon jamaah haji Indonesia sama dengan vaksin yang digunakan calon jemaah haji dari negara lain, karena memang belum ditemukan cara lain untuk membuat vaksin meningitis selain menggunakan enzim tripsin, yang berasal dari babi.

“Kalau ada yang bilang mengapa Indonesia tidak menggunakan vaksi seperti punya Malaysia, itu adalah suatu kesalahan. Vaksin yang kita punya sama dengan vaksin di 77 negara lain,” terang Husniah Rubiah Thamrin Akib, kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), di Jakarta, Kamis (11/6).

Menurutnya walau dalam proses pembuatannya menggunakan enzim tripsin, namun hasil akhir dari vaksin pencegah radang otak ini sama sekali tidak mengandung unsur babi. “Pada waktu pelepasan memang menggunakan media yang mengandung unsur babi, tapi setelah itu kan dicuci dan difilter sehingga tidak ada lagi kandungan babinya,” ujar dia.

Lebih jauh Husniah mengatakan, pihaknya menghormati fatwa haram MUI, mengenai produk yang dalam pengolahannya menggunakan unsur babi. “Kami mengerti dan menghargai fatwa MUI, namun dalam kasus ini MUI pasti mengerti, dalam ajaran agama diperbolehkan memakai produk yang bersangkutan asal dalam keadaan yang mendesak. Masalah ini (vaksin untuk para calon jamaah haji) adalah hal mendesak,” tuturnya.

Ia pun berharap, segera ditemukan media lain untuk mengembang vaksin meningitis tersebut. “Penelitian terus dilakukan, dicoba pada sapi sudah tapi hasilnya belum maksimal. Semoga ada cara lain untuk mensubsitusi enzim tripsin itu,” tandasnya.(kcm/ts)

Sumber : http://kemenag.go.id/index.php?a=detilberita&id=4175

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s