Anggaran Pelayanan Kesehatan Haji Tahun 2011 Rp 296 M

Pada tahun 2010, anggaran mencapai Rp 313 miliar karena dua kali membeli vaksin yang tidak halal. Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih menyatakan, anggaran pelayanan kesehatan haji pada tahun 2011 sebesar Rp 296 miliar.

“Tahun 2010 lalu sampai sekitar Rp 313 miliar, itu disebabkan karena pembelian vaksin meningitis dua kali yang tidak halal, kemudian membeli lagi yang sesuai dengan fatwa MUI,” kata Endang Rahayu Sedyaningsih dalam Rapat Kerja dengan Komisi VIII DPR RI di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (20/6).

Menurutnya, alokasi anggaran tahun 2011 sebesar Rp 296 miliar mencakup 10 item kebutuhan di antaranya mulai dari pelatihan petugas kesehatan, obat-obatan, vaksin, operasional pelayanan, sewa Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) di Mekkah-Madinah, alat kesehatan, dan sarana prasarana.

Dalam pelaksanaannya, Menkes mengakui masih banyak kendala yang dihadapi antara lain hasil pemeriksaan kesehatan belum sesuai dengan harapan, pembinaan belum optimal, masih banyak jemaah haji risiko tinggi, penetapan Biaya Penyelenggaraan Ibadah haji (BPIH) yang terlambat sehingga pembinaan singkat, dan tempat pelayanan kesehatan di kloter yang belum sesuai harapan.

Ke depan, dia berharap agar pemeriksaan dan pembinaan kesehatan sesuai dengan harapan. Selain itu, dia juga berharap komitmen pemerintah daerah dalam melakukan pemeriksaan kesehatan dan pembinaan terhadap jemaah, penetapan BPIH lebih cepat sehingga cukup waktu pemeriksaan dan pembinaan kesehatan, dan tersedianya tempat pelayanan di kloter/pondokan. Kemudian, lanjut Menkes, biaya pemeriksaan dan pembinaan masuk dalam komponen BPIH. (nwk/nwk)
Sumber : http://www.detiknews.com/read/2011/06/20/181303/1664541/10/anggaran-pelayanan-kesehatan-haji-tahun-2011-rp-296-m

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s