WHO Batasi Penggunaan Babi untuk Pembuatan Vaksin

akarta, Di negara muslim, asal-usul sebuah vaksin selalu jadi kontroversi karena dalam pembuatannya bersinggungan dengan unsur babi. Kini tidak hanya babi, penggunaan unsur binatang yang lain juga dibatasi oleh organisasi kesehatan dunia (WHO).

Peneliti senior PT Biofarma, Dr Neni Nurainy, Apt mengatakan saat ini penggunaan unsur binatang sudah mulai ditinggalkan. Sebagai gantinya, industri vaksin diarahkan untuk memakai bahan sintetis yang dibuat semirip mungkin dengan unsur binatang.

Dalam pembuatan vaksin, unsur binatang termasuk babi sering dipakai sebagai media untuk membiakkan bibit vaksin dari kuman yang dilemahkan. Media ini berfungsi sebagai pemotong rantai kimia tertentu, sehingga bersinggungan dengan bahan baku pembuatan vaksin.

Menurut Neni, risiko penggunaan unsur binatang dalam pembuatan vaksin sebenarnya tidak hanya menyangut halal atau haram. Bagi negara non muslim sekalipun, penggunaan unsur binatang mulai dibatasi karena berisiko memicu transmisi penyakit dari binatang ke manusia.

“WHO mulai membatasi, karena ada risiko transmisi dan itu sangat berbahaya. Misalnya penggunaan serum sapi bisa menularkan madcow (sapi gila),” ungkap Neni dalam jumpa pers Forum Riset Vaksin Nasional 2011 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (26/7/2011).

Biofarma sendiri saat ini sudah mulai menggunakan media non-animal origin sebagai pengganti unsur binatang. Salah satunya pada vaksin polio injeksi atau Injected Polio Vaccinne (IPV), yang proses pembuatannya telah dipresentasikan di Majelis Ulama Indonesia.

Selain mengganti media dari unsur binatang dengan media sintetis, industri vaksin juga mulai beralih dengan bahan baku sintetis. Tidak lagi menggunakan vaksin yang dilemahkan, tetapi menggunakan virus-like protein yang merupakan protein sintetis dengan struktur mirip virus.

Sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s