Bayi Tewas Pasca Imunisasi, Diduga Akibat Malpraktek

Indosiar.com, Minahasa -Setelah diimunisasi seorang bayi mungil warga Minahasa Selatan, Sulawesi Utara mengalami demam, muntah dengan luka bekas suntikan yang terus berdarah hingga akhirnya tewas. Orangtua bayi menduga terjadi tindak malpraktek dalam proses imunisasi tersebut.

Jenazah P Kumayas, bayi laki-laki berusia 1 tahun 6 hari akhirnya dibawa ke Laboratorium Forensik Rumah Sakit Kandau Malalayang, Manado, Sulawesi Utara untuk diotopsi guna mengetahui penyebab pasti kematiannya.

Putra pasangan Fanly Kumayas dan Maya Londa ini tewas setelah sempat menjalani perawatan di rumah sakit selama beberapa hari karena mengalami pendarahan di luka bekas suntikan imunisasi di paha kirinya.

Selain itu usai menerima suntikan imunisasi, bayi ini juga menderita muntah-muntah dan demam hebat hingga harus dilarikan ke rumah sakit, namun akhirnya tak tertolong.

Orangtua korban menduga putra mereka tewas akibat adanya kesalahan penanganan medis atau malpraktek saat diimunisasi di salah satu Pos PIN di desa mereka.

Sementara itu dokter forensik yang melakukan bedah otopsi belum bisa menyimpulkan penyebab kematian korban karena  harus menunggu hasil penelitian laboratorium. Usai menjalani otopsi, jenazah korban akhirnya diambil pihak keluarga untuk dimakamkan.

Jika hasil penelitian laboratorium membuktikan kematian korban akibat tindakan malpraktek, pihak keluarga berencana mengajukan upaya hukum guna meminta pertanggungjawaban petugas pos PIN yang melakukan suntikan imunisasi kepada korban hingga mengakibatkan kematian. (Alamsyah Johan/Sup)
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s